Review Hari Ini

Dollar Ausi sedikit mengalami kenaikan karena nilai WMI Consumer Sentiment Ausi menjadi sebesar 9,1%. Survey itu membuktikan konsumen masih optimis terhadap perekonomian Ausi. Minggu lalu Gubernur RBA Glenn Stevens mengatakan bahwa RBA akan memotong suku bunga karena perekonomian masih melambat dan inflasi masih melambung tinggi. Dengan diturunkan suku bunga RBA nanti, konsumen akan leluasa untuk membeli makanan dan bahan bakar minyak, mengajukan kredit perumahan dan nantinya sektor ritel akan bangkit kembali. Nilai AUD/USD sesaat sebelum berita WMI Consumer Sentiment direlease mencapai 0.8669 dan sesudah diumumkan mencapai 0.8675.

Matthew Hassan, ahli ekonomi dari Westpac(lembaga survey) di Sydney mengatakan bahwa dengan turunnya harga minyak dan emas mengindikasikan bahwa RBA akan benar-benar memotong suku bunga pada tanggal 2 September nanti.

Harga Bensin turun
Westpac Banking Corp. yang merelease indikator WMI Consumer Sentiment m/m pukul 07.30 pagi tadi mensurvey 1200 konsumen dari tanggal 4-10 Agustus. Berdasar pooling itu, disimpulakn bahwa harga bensin turun 8% selama bulan Juli 2008.
Menurut survey Bloomberg RBA akan menurunkan suku bunga yang saat ini sebesar 7,25% menjadi setidaknya 7% pada 2 September nanti. Survey tersebut dilakukan terhadap 25 ahli ekonomi. Sebanyak 18 dari 25 orang percaya bahwa RBA akan memotong suku bunga. Lima orang bahkan percaya pemotongan nanti menjadi 50 basis poin dari suku bunga saat ini. Sisanya yaitu 7 orang percaya RBA akan tetap mempertahankan suku bunga yang saat ini yaitu 7,25%.

Tingkat Upah naik
Pada pukul 08.30 WIB juga telah direlease nilai Wage Price Index q/q Ausi yaitu sebesar 1,2% atau lebih tinggi dari prediksi pasar(1,0%) dan nilai pada bulan Juni yang sebesar 0,9%. Hasil tersebut tidak terlalu merisaukan RBA karena persentase upah tahunan Ausi masih dalam batas wajar.

Nilai perkiraan GDP Jepang turun
Pada pukul 06.50 WIB nilai Prelim GDP q/q Jepang telah direlease menjadi sebesar -0.6% atau sesuai dengan prediksi pasar dan jatuh bila dibanding dengan periode sebelumnya yang sebesar 0,8%. Hasil tersebut mengindikasikan perekonomian Jepang sedang turun dan bayang-bayang resesi sudah terlihat. Nilai ekspor jatuh secara drastis sejak resesi tahun 2001-2002, karena disebabkan menurunnya nilai minyak mentah dunia dan harga pangan. Toyota Motor Corp. melaporkan bahwa mereka telah mengalami penurunan pendapatan dan Japan Airlines Corp. merencanakan untuk memotong gaji karyawannya untuk mengurangi biaya
operasional.Hiromichi Shirakawa, ahli ekonomi dari Credit Suisse Group di Tokyo, mengatakan bahwa "perekonomian Jepang tetap turun ke level terbawah karena tingkat permintaan barang(demand) menurun di Asia dan Eropa. Oleh karena itu nilai ekspor Jepang turun secara drastis dan perekonomian berjalan lambat".

Penyelesaian Ketegangan di Laut Kaspia
Presiden Perancis Nicolas Sarkozy mengatakan bahwa Georgia setuju untuk melakukan gencatan senjata didaerah selatan Ossetia setelah terlibat pertempuran dengan tentara Rusia diwilayah jalus pipa minyak dunia tersebut selama lima hari terakhir. Sarkozy menjadi juru runding Presiden Rusia Dmitry Medvedev dengan wakil Georgia Mikheil Saakashvili untuk membahas enam poin kesepakatan perdamaian.Diharapkan pertemuan tersebut dapat meredakan kedua negara yang bertikai dan menstabilkan persediaan dan harga minyak dunia. Saat ini harga minyak mentah mencapai $113,25 per barel dan harga emas per troy ons mencapai $821,00. Hari ini penurunan harga dua komoditi dunia itu masih akan terjadi.

Review Berita Fundamental Selasa 12 Agustus 2008 :
15.30 WIB
Nilai CPI y/y Inggris diumumkan nilainya menjadi 4,4% atau lebih tinggi dari nilai prediksi pasar(4,1%) dan juga nilai pada tahun 2006 yang sebesar 3,8%. Nilai GBP nyaris tidak bergerak karena mata uang Eropa juga sedang jatuh karena turunnya harga minyak dan menurunnya tingkat konsumsi masyarakat.

19.30 WIB
Nilai Trade Balance Kanada diumumkan nilainya menjadi sebesar 5,8B atau tidak jauh berbeda dengan prediksi pasar yang sebesar 5,7B. Nilai CAD cenderung tetap.
Amerika juga mengumumkan nilai Trade Balance pada jam yang sama dengan nilai aktual -56,8B atau lebih tinggi dari nilai prediksi pasar yang sebesar -61,8B. Nilai USD kembali terkoreksi naik.

Preview hari ini, Rabu 13 Agustus 2008 :
15.30 WIB
Inggris akan mengeluarkan berita Claimant Count Change. Claimant Count Change adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat pengangguran yang ingin mendapatkan tunjangan dari pemerintah pada bulan lalu. Jika nilainya naik maka nilai mata uang negara bersangkutan akan mengalami penurunan. Nilainya diprediksikan naik dari 15,5K menjadi 17,5K. Rekomendasi kami : Jika nilai aktual mencapai 12,0K atau lebih rendah maka kami merekomendasikan Anda untuk membuka posisi Buy GBP/USD.Sebaliknya jika nilai aktual mencapai 20.0K atau lebih tinggi maka kami merekomendasikan Anda untuk membuka posisi Sell GBP/USD.

19.30 WIB
Amerika akan mengeluarkan dua buah berita secara bersamaan yaitu Core Retail Sales m/m & Retail Sales m/m. Kami referensikan Anda untuk memperhatikan inti utama dari Retail Sales saja yaitu Core Retail Sales m/m. Core Retail Sales adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan Retail Sales yang nilainya tetap. Nilainya didapat dari nilai Retail Sales dikurangi dengan total penjualan mobil di negara tersebut. Sektor penjualan mobil dinilai tidak tetap nilainya.Nilai Core Retail Sales m/m AS diprediksikan turun dari 0,8% menjadi 0,5%.Rekomendasi kami : Jika nilai aktual mencapai 1,0% atau lebih tinggi maka kami merekomendasikan Anda untuk membuka posisi Buy USD/JPY.Sebaliknya jika nilai aktual mencapai 0,3% atau lebih rendah maka kami merekomendasikan Anda untuk membuka posisi Buy EUR/USD ataupun GBP/USD.

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar atau analisa Anda

Copyright bajo32 2009 is proudly powered by blogger.com