Bailout Trend

Bank Sentral Ausi atau RBA telah memotong tingkat suku bunga dari 4.25% menjadi 3.25% siang tadi pada pukul 10.30 WIB. Nilai suku bunga tersebut adalah yang terendah selama 45 tahun terakhir. Selain mengumumkan tingkat suku bunga, pemerintah Ausi juga telah mengumumkan dana bailout sejumlah A$42 milyar($27 milyar) untuk mengatasi resesi di Ausi. Pengalokasian dana tersebut adalah : $A 12.7 milyar untuk keluarga dan pekerja upah rendah, A$28.8 milyar untuk infrastruktur. Sontak setelah pengumuman dana bailout tersebut nilai AUD menguat secara signifikan.

Sejak Oktober 2008 lalu nilai paket bailout pemerintah Ausi adalah sebesar A$87 milyar yang diperuntukan untuk keluarga, karyawan yang sudah masuk masa pensiun, pasar obligasi, pendidikan dan transportasi.

Sementara itu Depkeu Selandia Baru memprediksikan bahwa perekonomian Kiwi akan mengalami resesi hingga 31 Maret 2009.

Seperti halnya dengan NZD, nilai mata uang dollar Kanada atau CAD juga terus mengalami depresiasi terkait dengan turunnya harga minyak dunia. Diprediksikan nilai CAD akan melemah hingga 1.26 dollar Kanada per USD.

Di negara matahari terbit, Bank of Japan menganggarkan dana 1 trilyun Yen($11.1 milyar) untuk dana bailout terhadap sejumlah institusi keuangan untuk mengatasi krisis keuangan. Dana itu diperuntukan untuk rentang waktu hingga April 2010. Kejutan bertolakbelakang dimana nilai mata uang Yen akan terus melemah hingga minggu ini terkait pengumuman bailout tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar atau analisa Anda

Copyright bajo32 2009 is proudly powered by blogger.com